Sabtu, 15 Januari 2011

PT. Sentral cell

Tadi pagi jam 08.00 saya  mendapatkan SMS dari Nomer 081998377179.yang mengatasnamakan PT. CENTRAL CELL, dimana isi SMSnya adalah berupa penawaran agen pulsa elektrik dengan harga yang boleh dibilang, terlalu miring. Berikut ini detail SMS yang dikirim:
"KAMI DARI PT.CENTRAL CELL Cari agen M.KIOS all operator V.5=4500 V.10=8500 V.20=18500 CARA PENDAFTARAN ketik: DAFTAR.NAMA.KOTA.NO HP# Kirim ke: 085341122822"
Meski saya gak mudah percaya, tapi jujur saja, iklan tersebut cukup menarik minat saya. Apalagi saya juga pengusaha server pulsa elektrik, yang sekali lagi jujur saja, saya pun gak dapat harga segitu. Tapi iseng sih saya coba untuk mendaftar. Saya mendaftar SMS tersebut sekitar pukul 09.14. dan fakta-nya, SMS saya tidak langsung mendapatkan reply "SMS Terkirim", yang artinya nomer tujuan tersebut tidak dalam posisi stand-by/online.
SMS pendaftaran saya baru dibalas pada pukul 05:36 keesokan harinya. Pikir saya, hmm... ternyata orang ini rajin juga bangun pagi. Okelah, berikut isi SMS balasannya.

SMS Ke-1 dikirim dari 085341122822: "Selamat Nomor Anda Telah Terdaftar Dengan ID (SEN.5201) PIN:1234 INFO/Hub: 021-30009000 untuk info lengkap Ketik: INFO Kirim Ke 085341122855"

Saya pun mengikuti petunjuk SMS tersebut. Saya kirim SMS berisi INFO. Dan berikut ini adalah balasannya.
 SMS Ke-2 dikirim dari 085341122855 (a2): "INFO HARGA: Pulsa,ISI''ULANG M.KIOS simPATI-AS-MENTARI-IM3 STARONE XL-FLEXI-AXIS, 5,ribu=4500 10rb=8500 15rb=12000 20rb=18000 25rb=23000 50rb=45000 100rb=90000"

SMS Ke-3 dikirim dari 085341122855 (a3): "KODE PRODUK:S=simPATI A=AS M=MENTARI I=IM3 X=XL F=FLEXI SO=STARONE Cara Trangsaksi isi ulang pulsa Contoh Ketik: S10.081234567899.1234 kirim ke (085696508799)"
 
SMS Ke-4 dikirim dari 085341122855: "Untuk pembelian saldo awal all operator Minimal Rp:100.000,Saldo awal Anda diaktifkan,setelah pembayaran DEPOSIT sudah di Transfer. INFO hub CS: 085696508799"

SMS Ke-5 dikirim dari 085341122855: "INFO: Untuk Rekening Tujuan Pembayaran DEPOSIT ketik: BANK INFO: Untuk alamat kantor PT.SENTRAL CELL ketik: KANTOR kirim ke 085696508799" 

Kemudian saya ketik DEPOSIT ke nomer 085696508799, dan balasannya adalah sebagai berikut:
SMS Ke-6 dikirim dari 085696508799: "Nama: LUKMAN HAKIM Rek:0672.01.003137.508 BRI. Sesudah transfer ketik: K.Sudah Transfer.JUMLAH.KODE ID. Kirim ke 085696508799" 

Saya juga mengetik KANTOR ke nomer 085696508799, dan balasannya adalah sebagai berikut:
SMS Ke-7 dikirim dari 085696508799: "Kantor pusat "CENTRAL CELL" PLAZA SEMANGGI Lt.2 No.32, Blok B 144-145, Jln. Jend. Sudirman Kav 50, JAK-SEL. Tlp: (02130009000) (085696508799)
 
SMS Ke-8 dikirim dari 085696508799: "DEPOSIT yang PELANGGAN harus kirim Rp.100.000 rb bisa melalui ATM,BANK setelah DEPOSIT sudah terkirim maka PELANGGAN suda bisa transaksi jual PULSA

Coba perhatikan baik-baik SMS-SMS balasan tersebut. Pada SMS Ke-1, terdapat kata "Selamat". Kata ini biasanya digunakan pada SMS Hadiah (penipuan/tidak). Untuk pendaftaran berhasil seharusnya cukup dengan kalimat "Pendaftaran BERHASIL/SUKSES". Hal tersebut sih cukup janggal, tapi boleh lah.
Pada SMS Ke-2, terdapat kata "Pulsa,ISI''ULANG M.KIOS". Cukup aneh dengan keberadaan koma, dan petik ganda serta penggunaan huruf kecil/besar yang menurut saya tidak wajar. Kemudian penggunakan "M.KIOS" untuk mewakili semua operator, sangat tidak mungkin, karena M.KIOS adalah chip milik Telkomsel yang cuma bisa melayani nomer simPATI dan Kartu As. Coba lihat juga kalimat "AXIS, 5,ribu=4500 10rb=8500", terdapat penggunaan kata yang tidak konsisten untuk menulis "5,ribu" (ada koma) dan "10rb"
Pada SMS Ke-3, kata "Cara Trangsaksi isi ulang", lihat pada kata "Trangsaksi", kalimat ini bukan saya yang salah ketik, karena semua SMS tersebut saya salin di blog ini apa adanya termasuk spasi, huruf besar kecil dan kesalahan-kesalahan tulis lain yang terkandung di dalamnya.
Pada SMS ke-5, pada kata "kantor PT.SENTRAL CELL ketik". Mungkin si pengirim lupa dengan nama perusahaannnya yang seharusnya PT Central Cell (pake "C" bukan "S")
Pada SMS ke-8, selain pilihan kata-katanya aneh dibaca, pada "kirim Rp.100.000 rb bisa melalui ATM,BANK" sudah mengetik "100.000" kenapa pake akhiran "rb" dan kata "ATM,BANK" kenapa ada koma? Gak wajar kan? Dan sekali lagi ia mengatakan "M-KIOS" untuk pulsa All Operator
Dan yang paling fatal adalah penggunaan nomer pusat layanan 085696508799 (khususnya SMS ke-3 dan SMS ke-4). Perlu diketahui, sebuah server pulsa adalah sebuah mesin yang bekerja secara otomatis dengan menggunakan perangkat modem dan komputer. Jika nomer tersebut digunakan sebagai nomer Hot Line CS, otomatis CS harus mengangkat hp yang memiliki nomer tersebut untuk menerima kontak/berbicara dari pelanggan, yang otomatis bisa mengganggu kinerja server dalam menerima permintaan SMS pengisian pulsa. Apalagi server pulsa saat ini kebanyakan menggunakan USB Stick Modem yang tidak bisa digunakan untuk panggilan (hanya bisa SMS dan koneksi internet). Jadi kalau seandainya USB Stick Modem yang digunakan, mana mungkin CS-nya bisa mengangkat telepon dari kita (penggunakan kata "hub" yang artinya "hubungi" dan bukan menggunakan kata "SMS only")
Meskipun begitu, saya akui, si pengirim mencoba seprofesional mungkin untuk tidak menimbulkan kecurigaan bagi calon pelanggannya (yang akan ditipunya). Mulai SMS ke-2 sampai ke-8, reply SMS tergolong cepat, yang berarti bisa jadi dikendalikan oleh komputer atau bisa juga memang ada orang atau nomer yang sudah standby dirancang menjawab pertanyaan dari format SMS yang dikirimkan. Coba perhatikan urutan SMS ke-1 sampai ke-8, SMS tersebut seperti menuntun anda untuk mengirim ke nomer yang berlainan secara berurutan. Jadi ada alur yang sengaja dirancang oleh pengirim.
Dia pun menggunakan format umumnya SMS server pulsa agar tidak terlalu mencolok perbedaannya dengan server pulsa kebanyakan. Berikut ini format SMS server pulsa kebanyakan adalah
K.Isi Pesan : digunakan untuk komplain
S.PIN : digunakan untuk mengecek sisa saldo deposit pulsa
KodeVoucher.NoHP.Pin: digunakan untuk format pengisian pulsa, contoh: S10.081234567899.1234

Saya pun mencoba mengirim format "S.PIN" untuk mengecek saldo dan ternyata tidak ada respon. Harusnya kan ada mesiki cuma informasi "Saldo Rp0" atau sejenisnya. Kemudian saya mencoba mengirim SMS Pengisian, ternyata juga tidak ada respon, harusnya kan ada informasi "Saldo tidak mencukup" atau sejenisnya. Padahal jika memang sebuah server pulsa, format tersebut bisa langsung direspon, apalagi disebutkan bahwa saya sudah aktif, hanya belum memiliki saldo deposit alias deposit saya masih Rp0 (nol)
Ya, sebagai pebisnis, kita juga harus bisa mengenal profil mitra kerja kita selengkap-lengkapnya. Karena saya berlokasi di Surabaya, saya pun memanfaatkan internet untuk mencari tahu tentang informasi PT Central Cell ini yang mengakunya berkantor di Jakarta. Saya pun langsung mengetik kata "CENTRAL". Eh, belum lengkap kata kunci yang saya masukkan, Google sudah memunculkan Suggest Word-nya "CENTRALL CELL". Yang artinya, kata ini cukup populer dicari sebagian besar orang di Internet. Yang berarti relevansi terhadap artikel yang tersedia di internet pun juga cukup banyak. Meskipun begisu, saya sih tidak membaca semuanya satu per satu. Tapi ada satu artikel yang memberikan fakta tentang keberadaan alamat tersebut yang ternyata adalah alamat kantor Telkomsel dan TiPhone. Dan ternyata alamat rekening yang digunakan oleh pelaku berubah-ubah. Hal ini cukup memperkuat fakta bahwa PT Central Cell adalah salah satu modus penipuan berkedok Distributor Pulsa Elektrik.
Berikut ini rangkuman fakta-fakta yang mengindikasikan bahwa SMS PT Central Cell adalah Penipuan
1. Harga terlalu miring
2. SMS menggunakan format, tapi reply-nya tidak otomatis (terjadi pada SMS pendaftaran)
3. Terdapat kata "Selamat" pada reply SMS pendaftaran
4. Percobaan pengisian pulsa, tidak mendapatkan SMS balasan apapun
5. Percobaan pengecekan saldo, tidak mendapatkan SMS balasan apapun
6. No Rekening yang digunakan berbeda-beda (dengan artikel lainnya di blog-blog lainnya)



Kesimpulannya adalah meski saya tidak dapat memastikan 100% tentang penipuan ini, tapi fakta-fakta di atas sudah cukup membuat saya untuk tidak mempercayai-nya. Kalaupun anda percaya dan ingin melanjutkan bertransaksi/bermitra dengan PT Central Cell tersebut silahkan saja (tapi bukan atas rekomendasi saya). Dan kalau ternyata terbukti penipuan, ya mungkin anda bisa memberikan komentar di sini sehingga bisa memperkuat dugaan bahwa PT Central Cell melakukan penipuan berkedok agen pulsa elektrik. Meskipun mereka bisa menipu lagi dengan menggunakan nama perusahaan yang berbeda.
Dan bagi anda yang ingin membuka bisnis di bidang yang sama, sebaiknya anda tidak menggunakan nama PT Central Cell, karena nama ini sudah cukup populer dengan penipuan. Kecuali anda ingin bekerja keras memperbaiki citra nama usaha ini.

3 komentar:

  1. terimakasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
  2. Wah sama, aku juga mendapatkan sms d chip kartu pengisian m-kios kepunyaanku, sms-nya sama persis seperti itu, dari PT.CENTRAL CELL...
    Tapi aku tdk mungkin percaya begitu saja...
    Lalu aku cari kebenarannya di internet ternyata emang byk penipuan...
    Hahaha...padahal harganya emang mengundang selera...

    L-169

    BalasHapus
  3. iya gan makanya kita harus hati2.. namanya zaman sekarang..

    BalasHapus