Minggu, 16 Januari 2011

Telkomsel EMO

TELKOMSEL EMO


Definisi Layanan
Layanan VAS Telkomsel Emo adalah layanan tambahan (value added service) yang memungkinkan pelanggan Telkomsel bisa mengetahui secara real time kondisi emosi dari lawan bicaranya (apakah bahagia, sedih, rileks, dll), yang dideteksi selama berlangsungnya percakapan di telepon.

Adapun nilai tambah layanan ini adalah:
  • Relevansi - Produk inovasi yang cocok untuk gaya hidup
  • Personal – menyentuh hati user
  • Emosional – berpotensi untuk meningkatkan perasaan cinta, khawatir, malu dan gelisah.
  • Komunikasi – meningkatkan komunikasi antara pelanggan dan teman-temannya.
  • Hiburan – dapat membantu pelanggan untuk mengambil keputusan terbaik dan berimprovisasi dalam melakukan interaksi
  • Layanan yang mudah dan sederhana namun dapat meningkatkan tingkat percaya diri pelanggan
  • Pelanggan dapat menggunakan waktu berkomunikasi dengan lebih bijaksana.
Spesifikasi Layanan
  • Layanan ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Telkomsel (kartuHALO, simPATI dan Kartu As).
  • Lawan bicara (nomor yang dihubungi) bisa berasal dari Telkomsel atau operator lain (baik seluler maupun PSTN). Tidak berlaku untuk panggilan ke nomor-nomor internasional.
  • Selama berlangsungnya percakapan, lawan bicara tidak diberi informasi bahwa ia sedang dianalisa menggunakan Layanan Telkomsel Emo.
  • Biaya layanan Telkomsel Emo adalah Rp. 1000 setiap kali digunakan, sedangkan biaya voice dikenakan tarif premium
Mekanisnme Layanan Layanan ini dapat digunakan pelanggan dengan menggunakan format sebagai berikut:
Dial : prefix + calling number
Contoh : #88081123xxxx atau #886281122xxxx
 

Cara melakukan panggilan saat menggunakan layanan Telkomsel Emo :
  • Pelanggan melakukan panggilan ke nomor lawan bicara dengan format di atas (#88+nomor tujuan).
  • Lawan bicara menerima panggilan.
  • Telkomsel Emo melakukan analisa terhadap lawan bicara secara realtime. Setiap ada perubahan status emosi, terdapat IVR akan memberitahukan kepada pelanggan.
  • Interval waktu yang digunakan untuk mendeteksi perubahan status emosi pertama kali dilakukan pada saat panggilan percakapan sudah mencapai 10 detik. Selanjutnya dilakukan setiap setelah 30 detik.
  • Setelah panggilan percakapan selesai, pelanggan akan mendapatkan SMS report dari hasil analisa selama panggilan.
SMS Notifikasi
Setelah selesainya percakapan, maka pelanggan A# akan menerima SMS notifikasi yang menjelaskan kondisi emosi lawan bicaranya tadi (B#) dengan format sebagai berikut : Setelah selesainya percakapan, maka pelanggan A# akan menerima SMS notifikasi yang menjelaskan kondisi emosi lawan bicaranya tadi (B#) dengan format sebagai berikut:


back to top

Tarif
Biaya yang dikenakan kepada pelanggan ada 2 jenis, yaitu biaya layanan dan biaya panggilan. Untuk biaya layanan dikenakan sebesar Rp. 1000 setiap kali menggunakan layanan Telkomsel Emo. Sedangkan untuk biaya panggilan dikenakan sesuai dengan biaya panggilan premium dengan fix rate. Biaya akan mulai dikenakan ketika B# sudah mulai menjawab panggilan dari A#. Berikut ini adalah tabel biaya yang digunakan:

No Item
kartuHALO simPATI Kartu As Keterangan
1 Biaya layanan Rp 1.000,- Rp 1.000,- Rp 1.000,- Biaya ini dikenakan setiap kali melakukan panggilan menggunakan layanan Telkomsel Emo
2 Biaya panggilan percakapan
On net – Lokal & SLJJ Rp 500/30 detik Time Unit = 30 detik
Off net (Mobile & PSTN) – Lokal & SLJJ Rp 1000/30 detik
3 Biaya terima SMS Report Gratis

Catatan : kartuHALO: belum termasuk Ppn 10%

back to top

FAQ
FAQ – Emotion Meter
  1. Apakah yang dimaksud dengan layanan Telkomsel EMO
Layanan Telkomsel EMO adalah layanan yang memungkinkan pelanggan mengetahui tingkat emosi dari lawan bicaranya, baik itu senang, sedih, senang secara realtime. Nada dan intonasi dari lawan bicara akan dianalisa dnegna menggunakan mesin voice analysis, yang memungkinkan sistem dapat mem-prediksi tingkat emosi lawan bicara pada saat itu.
  1. Untuk siapa sajakah layanan ini
Layanan ini berlaku untuk seluruh pelanggan Telkomsel (baik itu kartuHalo, Simpati dan Kartu As)
  1. Untuk panggilan kemana saja layanan ini berlaku
Layanan ini berlaku ke operator manapun (seluler ataupun PSTN)
  1. Bagaimana cara kerja layanan ini
    • Ketika pelanggan memanggil pelanggan lain dengan prefix tertentu, maka panggilan akan dirouting menuju EM Platform.
    • Pembicaraan antar pelanggan akan direkam dan di analisa oleh EM Platform.
    • Kemudian hasil analisa akan diberitahukan secara kepada pemanggil secara realtime dengan menggunakan IVR ketika terjadi perubahan emosi pada pelanggan yang dipanggil.
    • Setelah panggilan selesai, pelanggan akan dikirimi SMS yang berisi tingkat emosi lawan bicara selama panggilan berlangsung dan status terakhirnya.

  1. Bagaimana cara menggunakan layanan ini
Untuk menggunakan layanan ini cukup menggunakan prefix #88 dan dilanjutkan oleh nomor yang akan dipanggil. Contoh : #88081189xxxx atau #88628128425xxx
  1. Seperti apa sms report yang diberikan
Berikut ini adalah contoh sms-report yang diberikan dari layanan emotion meter:
04/09/2008
Pukul 13.54
Called Party 08111981893
total talk time
0mnt 17dtk
Happiness 0%
Excitement 0%
Sadness 0%
Anger 0%
Last Emotion detected: Normal

  1. Kalau panggilan tidak terjawab apakah A# masih akan tercharge? Kalau iya berapa?
Tidak, charging akan dimulai ketika panggilan mulai dijawab. Jika B# tidak menjawab, dan panggilan dialihkan ke voice mail, maka layanan ini akan mulai ter-charge setelah IVR prompt voicemail untuk meninggalkan pesan selesai diputar (bunyi beep).
  1. Apakah hasil analisis dari layanan Telkomsel EMO ini dapat dipercaya akurasinya?
Tingkat akurasi dari engine Telkomsel EMO adalah sekitar 60-80%, tetapi hal ini juga sangat tergantung dari tone, intonasi lawan bicara dan juga noise disekitar lawan bicara. Harus ditegaskan bahwa Telkomsel EMO adalah layanan yang sifatnya ”just for fun”, dan tidak dimaksudkan untuk menyediakan analysis akurat terhadap tingkat emosi lawan bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar